Jumat, 19 Juni 2015

Cara membuat simulasi node dan link down pada Network Simulator NS 2

How to make Link and Node Failure in NS 2

Elektronikatelekomunikasi - NS2 mensimulasikan level aplikasi dalam bentuk  simulate application dan generator trafik. Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bersama cara menguji kelebihan sebuah metode routing, yaitu routing dinamis dibandingkan dengan routing statis. Dengan cara mensimulasikan failure (down) pada suatu link atau node di NS 2.

contoh-cara-membuat-simulasi-paket-drop-pada-network-simulator-NS-2

Berikut ini perintah yang digunakan untuk mensimulasikan Link Down dan UP

$ns rtmodel-at 1.0 down $n2 $n4
$ns rtmodel-at 5.0 up $n2 $n4

Penjelasan mengenai script diatas yaitu perintah untuk membuat link antara node 2 dan node 4 dibuat menjadi down pada detik kesatu dan kembali up seperti semula pada detik ke 5. 

Berikut ini perintah yang digunakan untuk mensimulasikan Node Down dan UP

$ns rtmodel-at 1.0 down $n2
$ns rtmodel-at 5.0 up $n2

Penjelasan mengenai script diatas yaitu perintah untuk membuat node 2 dipaksa down pada detik kesatu dan kembali up seperti semula pada detik ke 5.

Dengan menggunakan perintah link up down dan node up down diatas maka otomatis semua paket yang dikirim melewati jalur ini akan di drop oleh sistem. Untuk routing statis maka paket akan terus di drop jika melewati jalur itu selama menit ke 1 hingga menit ke 5.

Sedangkan untuk routing dinamis, maka sistem akan meminta untuk mengupdate table routing dan mencari jalur baru. Meskipun masih tetap ada paket yang drop selama waktu update table routing, akan tetapi dengan routing dinamis paket tetap dapat terkirim dari node asal ke node tujuan setelah dilakukan update jalur routing.

1 komentar: