Senin, 09 Mei 2016

Apakah yang menyebabkan Jalur VBUS bermasalah pada handphone android dan blackberry

Elektronikatelkom - Beberapa hari ini dibuat mencari beberapa tempat service handphone hp android di daerah sekitar ciledug tangerang, karena maksud hati dekat dengan tempat tinggal yang sekarang ini. Apa penyebabnya, karena handphone android punya adek sony experia m2 dual sedang bermasalah tidak mau di charger. Hasil dari googling ketemu tempat servis di beberapa daerah seperti di kreo, larangan, dan pojok joglo lumayan masih dekat ciledug jadi bisa disambangi satu persatu.

Ditempat service HP yang pertama DJ Service center kalo gak salah namanya, di depan Giant kreo tepatnya mengatakan rusak di port setelah saya setujui untuk dikerjakan mereka bilang port charger pengganti sony xperia m2 dual ternyata sedang tidak ada stoknya, mereka bilang mau dicarikan dulu. Oke lah coba cari tempat servis hp lain di daerah larangan lupa namanya, mereka bilang juga barangnya tidak ada.

Lalu sampailah pencarian di daerah pojok ciledug arah menuju joglo, samping indomaret. Saat sampai disitu pemilik toko bilang kalo bisa memperbaiki tapi harus ditinggal karena tukang servicenya sedang libur, mereka bilang harga service untuk penggantian port charger cuman 75 ribu rupiah. Oke saya setuju dan hp saya tinggal untuk di betulkan esok hari.

Keesokan harinya saya dihubungi lagi dan dikonfirmasi kalo biaya service hp sony experia m2 dual saya jadi 125 ribu. Saat saya tanya kenapa, katanya yang rusak bukan konektor port chargernya tapi jalur VBUS nya. Saya mencoba mencari tahu apakah VBUS itu. Dari beberapa website yang saya kunjungi ternyata kebanyakan forum ponsel seluler pintar blackberry.

tempat service port charger sony xperia m2 dual

Menurut situs mastersolusiponsel :
Kerusakan pada jalur VBUS korslet, tanda-tandanya ketika di sambungkan ke komputer tidak terdeteksi. Tegangan normal pada jalur VBUS tersebut adalah 5Volt, cara mengetahuinya hubungkan mesin blackberry 9220 ke komputer atau laptop dengan kabel data (tanpa batrei) kemudian ukur jalur VBUS dengan bantuan alat Avometer digital.cirinya jika jalur VBUS tersebut korslet ketika kita ukur tegangan yang keluar hanya 3.6Volt. Ini menandakan bahwa pada jalur tersebut ada yang bermasalah.
Dari hasil searching di google ini, saya mencoba mengerti dan menawar ongkos service namun masih belum direspon oleh pemilik toko :D. Untuk hasilnya akan saya update selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar