Selasa, 14 Juni 2011

Cara Meremove atau Menguninstall NS-2

Saya mau berbagi lagi, baru saja menemukan caranya kemarin tentang bagaimanakah caranya menguninstall atau meremove program NS-2 (network simulator 2) pada ubuntu. NS 2 adalah sebuah software open source yang bersifat gratis atau free, dan bebas dipakai dan dikembangkan oleh semua orang. NS 2 berjalan pada sistem operasi unix, biasanya para pengguna software simulasi jaringan gratis ini banyak mengaplikasikannya pada OS ubuntu atau debian beserta turunannya, alasanya karena banyak forum yang membahas mengenai semua proses instalasinya di Operating System tersebut.

NS 2 sering digunakan di area lab telekomunikasi atau biasanya banyak digunakan untuk menganalisa protokol-protokol routing baru dalam dunia telekomunikasi, terutama telekomunikasi wireless yang mana memungkinkan untuk diaplikasikan pada perangkat-perangkat telekomunikasi masa depan.

Pada artikel kali ini saya mencoba untuk menjelaskan bagaimana cara meng-uninstall software NS-2 yang mengalami error. Proses Uninstall atau Remove ns2 ini bisa bermanfaat jika ada kesalahan dalam menginstall program ns2 kamu dan kamu bisa menginstall ulang nantinya, karena saat ada instalasi yang kurang lengkap misal ada eror di beberapa bagian, maka ns 2 tidak akan dapat berjalan dengan sempurna.

Dibawah ini adalah baris command (command line) yang digunakan untuk meremove software NS2 yang sudah terinstall kurang sempurna. command line ini diketikan pada program terminal di ubuntu atau OS linux lainnya dimana software simulasi network open source NS-2 anda terinstall.

$ sudo apt-get autoremove ns

setelah mengetikkan perintah diatas, lalu masukan password dari admin kamu

maka hasilnya NS2 kamu akan langsung di uninstall dari direktori file.

Semoga bisa bermanfaat. dan satu kata "Trust Me It's Worked". :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar