Senin, 16 Februari 2015

2G Radio network planning concept

Elektronikatelkom - Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai 2G GSM RF planning. Pada jaringan telekomunikasi celullar, baik itu jaringan 2G maupun 3G kegiatan network planning baik untuk penambahan jaringan baru maupun untuk optimasi jaringan eksisting ( jaringan yang sudah ada ) mutlak diperlukan. Tujuannya adalah agar Quality of Service (QoS) terhadap pelanggan tetap terlayani dengan baik. Proses planning pada jaringan telekomunikasi adalah proses yang paling penting untuk mendapatkan kualitas jaringan yang terbaik atau paling optimal.

teknik-optimasi-jaringan-sellular-2g-cellular-system

Cell planning atau RF planning dapat diartikan sebagai aktifitas yang berhubungan dengan perencanaan perangkat radio, perencanaan jenis perangkat yang akan digunakan dan juga terkait penentuan konfigurasinya. Pada jaringan GSM proses cell planning/RF planning diperlukan untuk menangani masalah coverage dari suatu cell (BTS) dan juga menghindari terjadinya interferensi, baik interferensi dari antar antena sektoral dalam satu cell itu sendiri maupun interferensi dari cell lain yang termasuk dalam jaringan sendiri maupun jaringan operator telekomunikasi lain.

Dalam perencanaan / planning dari sebuah jaringan telekomunikasi GSM terdapat beberapa faktor yang menjadi dasar untuk dilakukanya sebuah RF planning, antara lain :

Tipe Subscriber (pelanggan)

Dalam hal ini RF planninng didasarkan terhadap analisa dari layanan apa yang diinginkan pelanggan telekomunikasi selular yang bisa berupa voice, sms, GPRS, ataupun gabungan dari semuanya. Kemudian tingkat mobilitas pelanggan, banyaknya melakukan panggilan dll.

Quality of Service (QoS)

Dimana dengan melakukan proses RF planning diharapkan agar kualitas layanan jaringan telekomunikasi operator tersebut dapat meningkat menjadi lebih baik setelah proses planning selesai diimplementasikan.

Faktor Biaya

Perhitungan biaya ini juga perlu diperhatikan agar jangan sampai ada site yang diimplementasikan sia-sia dikarenakan perencanaan yang kurang matang atau informasi yang kurang lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar