Kamis, 24 Oktober 2019

Konsep Integrasi Radius Server pada WiFi Manage Service dengan Property Management System Hotel

Radius merupakan sebuah protokol jaringan yang menjalankan fungsi management service yaitu Authentication, Authorization dan Accounting (AAA). Dimana RADIUS sendiri memeiliki kepanjangan Remote Authentication Dial In User Service.

Pada Server RADIUS ini dapat diaplikasikan dengan berbagai kebutuhan hotspot dengan software management existing, untuk kali ini project integrasi antara PMS (Property Management System) dengan Hostpot. Dimana pihak customer yang merupakan group jaringan hotel yang berlokasi diindonesia, menginginkan untuk PMS yang sudah mereka aplikasikan sebagai system informasi hotel dapat terintegrasi dengan jaringan WiFi yang mereka miliki. Sehingga visitor yang menginap di hotel mereka dapat mengakses internet melalui WiFI maupun kabel ethernet dengan menggunakan nomor kamar dan nama belakang sebagai username dan password.

Implementasi integrasi PMS hotel dengan radius untuk project ISP kali ini sebagai gambaran umumnya, software PMS harus bisa men-generate API yang berisi informasi nomor kamar yang dipesan berikut nama visitor sehingga data tersebut akan dijadikan authentication untuk server RADIUS sehingga dapat memberikan akses, yang mana pada kali ini Access Point menggunakan router mikrotik.

Untuk menghubungkan API dari software PMS dengan RADIUS Server maka perlu dibuat sebuah aplikasi midleware untuk mengeksekusinya. Untuk aplikasi Midleware ini banyak tersedia di internet, silahkan di googling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar