Kamis, 03 Juni 2010

Pengertian Relay

Menurut id.wikipedia.org pengertian dari relay adalah sebuah komponen elektronika yang berupa Coil atau kumparan yang berfungsi untuk mengoprasikan seperangkat kontak saklar. Contoh sederhana dari sebuah relai yaitu pada sebuah kumparan kawat penghantar yang dililitkan pada sebatang besi, dimana jika kawat tersebut dialiri energi listrik maka akan menimbulkan sebuah medan magnet, nah medan magnet yang dihasilkan inilah yang akan berfungsi sebagai pengungkit mekanisme dari sebuah saklar.

Relay bekerja pada tegangan DC 12 Volt. Kawat tembaga pada kumparan memiliki koefisien temperatur positif sehingga cenderung menarik lebih sedikit arus ketika temperaturnya naik. Relay memiliki karakteristik histeris. Jika tegangan supply pada kumparan meningkat secara perlahan (Terjadi pada operasi tegangan 5-10V) kemudian tegangan pada kumparan diturunkan secara perlahan, maka tegangan relay akan menurun 7,5 sampai 8,5V.

Sekali dioperasikan, relay akan mengubah karakteristik geometris rangkaian magnetiknya (menurunkan kelentingan rangkaian magnetik). Oleh karena itu, dibutuhkan arus yang lebih rendah untuk menjaga agar relay tetap bekerja pada arus yang dibutuhkan untuk membuat relay bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar