Jumat, 04 Juni 2010

Pengertian dan penjelasan Reed Relay

Reed Relay adalah jenis relay yang cara kerjanya menggunakan prinsip elektro magnet untuk mengkotrol beberapa reed switch, dimana komponen elktronika ini menggunakan bagian rangkaian magnetik dan rangkaian listrik secara bersamaan.

Suatu saklar reed (reed switch) terdiri dari suatu kontak (blade contact) terbuat dari bahan berpermeabilitas tinggi yang dikemas dalam suatu kaca berisi gas mulia. Ketika kemasan gelas tadi terpengaruh oleh medan magnet, kontak akan mengarahkan dirinya sepanjang garis-garis fluks sehingga kontak ini akan mendekat pada kontak yang tetap (fixed contact). Oleh karena itu, kontak blade akan menjadi bagian dari rangkaian magnetik dan rangkaian listrik pada waktu yang sama.

gambar-cara-kerja-dari-reed-relay-adalah
Gambar1.1 Prinsip-kerja-reed-relay


Reed Relay dapat digunakan sebagai pen-switch sinyal dan logika dasar relay (relay-based logics).

Kelebihan Reed Relay dibanding relay konvensional adalah pada operasi yang lebih cepat (tipikal 5ms) dan masa hidup yang lebih panjang (diatas 10 kali operasi). Reed Relay menyediakan dua lilitan kumparan. Lilitan kedua dapat digunakan untuk membuat operasi logika OR atau EX-OR dengan lilitan pertama dengan cara merubah polaritas lilitan kedua untuk menghilangkan medan magnet lilitan pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar